Selasa, 24 Januari 2017

Contoh Menulis Surat Pribadi

Surat pribadi - Menulis surat pribadi sudah sering kita lakukan saat masih duduk dibangku sekolah. Surat pribadi sendiri yang kita tulis biasanya ditujukan kepada kawan lama, sahabat karib yang berada jauh dari kita, orang tua serta seseorang lain yang kita sayangi yang berpisah jauh dari kita. Dahulu kita mengirim surat melalui pos. Setelah semakin pesat berkembangnya kemajuan teknologi seperti saat ini, kita mulai beralih mengirim surat lewat media elektronik salah satunya email.

Surat pribadi tentunya tidak bersifat resmi dan bahasa yang digunakan dalam penulisan serta formatnya juga menggunakan bentuk baku. Karena sifatnya yang tidak resmi, surat pribadi sendiri tidak memerlukan kop surat dan tanda tangan serta stempel resmi seperti pada umumnya surat resmi. Meskipun bahasa yang digunakan terkesan bebas, kesopanan dalam penulisan surat pribadi harus tetap diperhatikan.

Artikel lainnya:

 

Contoh-contoh surat pribadi 

 Surat pribadi yang ditulis di bawah ini adalah sebagian dari contoh-contoh surat pribadi yang dikirm untuk teman, sahabat dan kawan lama.

 

Contoh surat pribadi 1

Semarang, 12 Januari 2015

Untuk Kawan Karibku Dimas
di Jakarta


Assalamualaikum wr. wb

Hay Dimas, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SD dan sekarang kita sudah kelas 8 SMP. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebih tinggi daripada aku. Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta? Apakah masih sama seperti terakhir kali aku ke sana?


Dimas, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, menghabiskan hari minggu kita bermain di taman rumahmu, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda saling berebut es krim. Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dimas, aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMP nanti aku akan melanjutkan SMA di Yogyakarta karena ayah dipindah-tugaskan ke sana. Rasanya kita jadi semakin jauh satu sama lain dan aku akan sangat merindukan kamu. Lalu bagaimana denganmu? Aku harap nanti kamu bisa main ke Yogya bertemu denganku. Nanti kita akan menghabiskan waktu mengelilingi tempat-tempat bagus di Yogya. Aku jadi tidak sabar bertemu denganmu.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah dan bundamu di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu lagi.

Wassalamualaikum wr. wb


Salam Manis,
Sahabatmu


Mirna Cantika

 

Contoh surat pribadi 2

Bekasi, 7 Agustus 2012

Untuk sahabatku tersayang
di Brebes

Assalamuaialkum Tina...

Alhamdulillah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah lama kita tidak bertemu lagi dan aku sangat kangen kepadamu. Pasti dong aku bertambah tinggi dan cantik, hhaha. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun aku terkadang merindukan keadaan di sana. Tau kenapa? Karena di sini tidak ada tempat hijau yang rindang seperti kebun di dekat rumah kita.

Sayang libur lebaran tahun ini aku tidak menengokmu di Brebes nanti karena aku akan pergi ke Purwokerto untuk menengok mbahku yang sedang sakit. Pdahal aku sudah menunggu sekali untuk bisa pergi ke Brebes berjumpa denganmu. Tapi tidak apa-apa karena papa berjanji saat liburan semester depan aku bisa pergi untuk menghabiskan liburan sekolah bersamamu.

Kurasa sudah dulu surat ini aku tulis sebagai balasan dari suratmu yang lalu. Jangan lupa untuk menungguku dan rajin belajar ya.. Aku sayang dan sayang rindu padamu. Oiya, salammu untuk semua sudah kusampaikan.

Wassalamuaalikum . .
 
Sahabatmu,

ttd
Ardiana


Contoh surat pribadi 3

Riau, 23 Desember 2013

Kepada sahabat penaku,
di Kuala Lumpur

Halooo Riya..... Apa kabar mu di negeri orang? Aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat  dan dalam lindungan Allah SWT di sana. Riya, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, telepon aku ya. Karena sudah lama sekali aku tidak mendengar suaramu yang merdu itu. Sebenarnya kali ini aku mau mengabarkan kalo tanggal 25 Desember 2013 nanti aku akan bertandang ke KL. Aku harap kamu bisa menjemputku saat di bandara nanti. Jadi kita bisa menghabiskan waktu bersama di sana.

Oiya, apa kamu masih ingat dengan boneka beruang yang kamu kasih ke aku sebagai hadiah ulang tahunku yang ke 14 tahun? Boneka beruang itu selalu menemani aku setiap saat aku tidur. Aku berterima kasih sekali karena hadiahmu itu. Tapi sayangnya aku tidak bisa membawa boneka itu saat ke KL nanti. Bagaimana kabar kucingmu Miyow? Masih lucu kan? Aku punya hadiah untukmu tapi saat di sana saja ya aku berikan langsung.

Riya, sudah dulu ya. Aku harap kamu bisa segera membalas surat ini.

Sahabatmu,


ttd
Indah Kelia

 

Contoh surat pribadi 4

Kuala Lumpur, 24 Desember 2013

Sahabat penaku tercinta, Indah
di Tempat

Hay Indah... Alhamdullillah kabarku baik dan sehat. Bagaimana denganmu? Aku berharap kau juga sehat di sana. Aku juga rindu kepadamu. Maaf ya, aku belum bisa menghubungimu akhir-akhir ini. Karena aku saat ini sedang sibuk dengan jadwal sekolahku. Wah, berarti besok kamu akan datang ke sini. Aku sudah tidak sabar untuk menjemputmu. Tentu saja aku akan menjemputmu di bandara langsung. Aku kan mengajakmu ke tempat yang paling bagus di KL.

Wah, aku tidak menyangka kamu masih menyimpan boneka yang aku kirimkan itu. Aku pikir boneka itu sudah rusak. Aku turut senang jika kamu menyukainya. Tidak perlu khawatir saat kamu di KL nanti kamu masih bisa tidur dengan boneka beruangmu, karena aku juga punya boneka yang sama dengan punyamu. Miyow baik-baik saja dan sekarang dia sudah punya dua anak. Tentunya makin bertambah lucu. Aku penasaran dengan hadiah yang akan kamu berikan. Aku sudah sangat tidak sabar untuk bertemu denganmu.

Sekian dulu ya surat balasanku. Kutunggu kamu di sini. Sampai jumpa yaa...

Peluk cium,
Sahabatmu

Riya Nur

Itulah beberapa contoh surat  pribadi yang bisa dijadikan referensi oleh Anda dalam menulis surat pribadi atau sedang mencari inspirasi untuk mengungkapan perasaan kepada teman dan sahabat Anda. Semoga bermanfaat dan selamat menulis.

0 komentar

Posting Komentar